:::: MENU ::::

Membuat Visa USA (Amerika Serikat)

Saya pribadi sudah pernah EMPAT kali membuat visa US dengan TIGA jenis berbeda (B1/B2, H4,F1) sedemikian hingga agaknya egois aja gitu apabila saya tidak membagikan pengalaman saya ke teman-teman yang membutuhkan, termasuk kamu yang mungkin nyasar ke post ini karena googling “cara membuat visa amerika” atau “cara mudah membuat visa amerika”.

Sebenarnya bikin visa Amerika ini gampang-gampang susah: gampang karena prosesnya sebenernya cepat dan mostly online, susah karena walaupun online portalnya banyak huahahahaa dan susah lagi kalo ketika mendaftar masih banyak kebutuhan yang “tercecer”. Nah, supaya lebih gampang lagi, berikut saya share step by step nya:

1. Persiapan

Ada banyak hal yang harus disiapkan sebelum bikin visa, pertama kita harus tahu dulu jenis visa yang akan di-apply. Orang Indonesia biasanya Non-Immigrant; Immigrant hanya bisa diminta oleh US citizen atau US permanent resident. Selanjutnya ketahui jenis Non-Immigrant visa yang akan di-apply: untuk konferensi dan jalan-jalan gitu biasanya B1/B2, untuk pergi belajar biasanya F, untuk bekerja biasanya H1B (visa kerja pun ada banyak macemnya), dan accompany-nya H1B biasanya H4. Untuk jenis lain silakan googling sendiri ya hehehe entah kenapa US punya buanyak buanget jenis visa dengan term and conditionnya masing-masing jadi emang harus dicermati.

Nah setelah tahu jenis visanya apa, kita harus kumpulkan segala informasi yang dibutuhkan untuk mengisi form online bernama DS-160. Form ini kepo banget tanyanya, riwayat sekolah lah, pendidikan orang tua lah, dan yang paling penting harus kita tahu adalah

  • tempat kita akan tinggal di Amerika (alamat lengkap sampe ke ZIP codenya)
  • penanggung jawab kita selama di Amerika (penduduk Amerika: biasanya yang ngundang atau saudara), lengkap dengan alamat sampe ke ZIP codenya serta nomer HP dan email, dan
  • sumber dana perjalanan, apakah uang pribadi atau ada sponsor, kalau ada harus tahu sponsornya siapa
  • kalo kamu mau visit seseorang di Amerika, DISARANKAN untuk minta surat undangan dari mereka beserta kesediaan mereka untuk menampung dan membiayai (walaupun aslinya engga), syukur kalo dilampirkan surat gaji mereka. Ini contoh suratnya, klik disini.

Sebenarnya kita bisa ngisi dulu kemudian disimpan untuk diedit kemudian hari sih tapi saya tidak merekomendasikan “simpan untuk diedit di kemudian hari” buat teman-teman yang agak gaptek internet. Kenapa? karena sepertinya mereka tidak menyimpan informasi calon pengaju visa yang belum lengkap datanya ke database mereka. Ketika kita save, sistem akan memberikan sebuah dokumen yang harus kita download dan upload kembali. Kalo lupa dimana filenya ya ulang dari awal hahaha…

Selanjutnya siapkan foto. Kita butuh foto 5×5 cm glossy beberapa lembar, saya agak lupa tapi 4 cukup sih. Kalau mau jaga-jaga cetakin aja yang agak banyak toh murah ini juga, dan bisa disimpen buat visa lainnya hehe. Foto ini juga harus diupload ke DS-160 dan ada beberapa persyaratan yang harus diikuti seperti berikut:

fotoPake kacamata boleh? Boleh, asal nggak ada pantulan di kacamatanya. Pake jilbab boleh? Boleh asal kelihatan seluruh mukanya (tanpa telinga tentu, jadi yang jidatnya lebar ikhlasin ya). FAQ lainnya bisa dilihat di link ini, disitu juga ada photo tool yang bisa menyesuaikan foto yang kita punya dengan syarat-syarat di atas dan mengenali apakah foto kita sudah memenuhi syarat kecerahan latar dan ketajaman gambar apa belom. Canggih emang. Berikut adalah contoh foto yang bisa diterima:

acceptable photos

Terakhir, kumpulkan segala dokumen/surat yang dibutuhkan utamanya:

  • surat undangan, surat ketrima kerja, ketrima kuliah dll yang membuktikan kita akan ke Amerika dengan tujuan yang jelas
  • surat pengantar pembuatan visa ditujukan ke US Embassy dari pihak yang mengundang/ tempat kerja
  • proof of funds; kalo perjalanan kita dibiayai, harus ada surat dari sponsor bahwa kita perjalanan kita dibiayai sepenuhnya/dibiayai sekian banyak, atau surat jumlah gaji bagi teman-teman yang bekerja. Kalo pake uang sendiri, bawa buku rekening tabungan yang menunjukkan bahwa uangnya cukup.

Catatan: Proof of funds adalah salah satu faktor terpenting penentu diterimanya visa kita atau enggak. Pada intinya, Amerika nggak mau ada orang yang masuk ke negaranya tapi nggak bisa/ nggak mau “keluar”, jadi selama bukti ini ada, kemungkinan besar visa kamu akan dikabulkan.

Dan dokumen-dokumen lain yang sekiranya dibutuhkan, misal kalau udah nikah dan mau bawa pasangan ya siapkan surat nikah, mau lomba ya siapkan flyer lombanya, dan lain-lain. Di kasus apply visa ini menurut pengalaman lebih baik overprepared.

2. Apply DS-160 online

Kalau semua sudah siap, masuk ke https://ceac.state.gov/genniv/ untuk mengajukan visa dan mengisi data-data. Pertama pilih akan wawancara dimana dan upload foto kalau sudah siap fotonya.

TIPS: Buat teman-teman yang tinggal di Jawa Tengah ketimur, mending apply lewat SURABAYA aja, lebih sepi dan tiketnya (ke Surabaya) lebih murah tentunya hehe.

Selanjutnya kita akan diarahkan ke sebuah halaman dengan Application ID dan mengisi security question. Simpan application ID dan ingat-ingat jawaban security questionnya.

Screenshot (11)Selanjutnya, isi semua form yang tersedia selengkap-lengkapnya dan sejelas-jelasnya. Kalau sudah selesai, teman-teman akan mendapatkan confirmation page yang harus diprint dan dibawa ketika wawancara seperti ini:

confirmation page

3. Bayar

Kalau DS-160 sudah selesai diisi, kita harus membayar biaya visanya. Untuk cara pembayaran ada dua macam, pertama cash melalui bank dan yang kedua adalah online. Membayar online hanya bisa dilakukan kalau teman-teman punya akun Bank Permata. Karena saya nggak punya dan nggak ada pengalaman bayar online, yang akan saya share adalah pengalaman bayar lewat bank.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek berapa biaya visa sesuai dengan jenis visa yang akan di-apply teman-teman.

  • untuk visa B (konferensi, jalan-jalan), C-1 (transit), D (kru kapal/pesawat), F (student), I, J (exchange visitor), M, T, TN/TD, U adalah $160
  • untuk H (trainee, intern, kerja), L, O, P (atlet, artis), Q (cultural exchange), R adalah $190
  • untuk K (tunangan atau pasangan dari warga negara US) adalah $265 dan
  • untuk E (investor dan profesional Australia) adalah $205.

Lengkapnya, bisa dilihat di link ini.

Kedua, mengeprint deposit slip sesuai dengan biaya visa yang akan dibayarkan. Slipnya seperti apa bisa dilihat disini, klik sesuai jumlah yang harus dibayarkan: $160; $190; $265; $205

contoh slip

contoh slip

Terakhir, antrilah ke bank CIMB terdekat (dulu Permata/Standard Chartered) membawa slip tadi, paspor/fotokopi paspor dan yang terpenting uangnya dalam Rupiah. Saya lupa tapi kayaknya pas saya bikin yang kedua kali, saya nggak perlu paspor tapi buat jaga-jaga bawa aja. Kalau sudah dapat resi/bukti pembayaran, disimpan buat bikin appointment wawancara.

4. Bikin appointment

Enaknya, kita bisa set sendiri kapan kita akan pergi wawancara. Caranya adalah siapkan resi pembayaran bank terus masuk ke https://cgifederal.secure.force.com/. Buat akun kalau belum punya (dan secara default memang belum punya). Setelah membuat akun, masuklah dengan username-password yang sudah dibuat:

Tips: daripada bawa resi kemana-mana mending nomor resinya difoto biar bisa login dimana-mana. Nomor yang dimasukkan ke sistem adalah digit-digit setelah kata “US”. (update Oktober 2015, sepertinya sudah bukan nomor resi yang dimasukkan, tapi nomor registrasi DS-160)

Catatan: kalau teman-teman bayar pagi ini, belum tentu sore nanti sudah bisa membuat appointment jadi mending nunggu 24 jam setelah bayar. Kalo bayar Jumat, tunggu sampe Senin/ Selasa.

Portal appointment wawancaraSaya agak lupa, kayaknya kalo baru pertama kita diharuskan mengisi profile terlebih dahulu, kalau sudah klik “New Application/Schedule Appointment” dan ikuti langkahnya. Termasuk di dalamnya memilih tanggal dan jam. Ada dua batch per harinya yaitu jam 7 dan jam 9, terserah teman-teman nyamannya jam berapa tapi saya selama ini ambil yang jam 9 hehe. Kalau teman-teman meng-apply untuk satu keluarga dengan tujuan sama (misal liburan keluarga), per individu tidak perlu membuat appointment masing-masing, cukup kepala keluarganya aja, tapi DS-160nya tetep diisi masing-masing.

Setelah selesai, teman-teman akan mendapatkan appointment confirmation yang harus diprint dan dibawa ketika wawancara. Kalo ada opsi kirim confirmation-nya ke email, pake. Satu keluarga cukup satu aja ngeprintnya.

app conf

5. Pergi wawancara

Nah ini bagian paling mengasyikkan sekaligus membosankan. Pertama kita harus datang ke US Embassy (Jakarta atau Surabaya) berpakaian rapi (nggak usah pake jas juga sih) sesuai dengan appointment. Siapkan semua dokumen yang sekiranya dibutuhkan dan siapkan Confirmation Page DS-160 serta Appointment Confirmation di tangan (literally). Kemudian antrilah di depan Embassy yang segala dindingnya udah ditutup besi berasa penjara itu. Tunggu dengan sabar dan per-10 orang akan dipersilakan masuk dalam selang sekitar 10 menit. Ohya 1 keluarga dengan appointment confirmation yang sama akan dianggap satu rombongan, harus masuk bareng.

Beberapa tips saat mengantri:

  • datang 1 jam lebih awal untuk mengantri. Antrinya bakal panjang dan bakal ada sekitar 200 orang jadi lebih pagi lebih baik, tapi kalau jadwal jam 9 kita nggak boleh ngantri sebelum antrian jadwal jam 7 habis, jadi ya emang harus terus memantau antrian
  • jangan bawa tas berat-berat atau malah nggak usah bawa tas sama sekali. Di dalam kita nggak boleh bawa apapun selain dokumen yang dibutuhkan sehingga semua barang lainnya termasuk HP harus dititipin di pos pemeriksaan. Di pos pemeriksaan kita harus ngebongkar semua isi tas yang ada elektroniknya untuk diperiksa jadi kalau mau cepet ya jangan bawa macem-macem. Saya pernah bawa ransel isinya leptop charger tablet kamera dll dkk dan itu ngeluarin-masukin nya lagi males banget parah.
  • sarapan dulu, di dalem ada sih yang jual makanan tapi harganya Rp 40.000,00 ha ha ha

Setelah diperiksa dan dipersilakan masuk, kita akan dicek-cek kelengkapan dokumennya oleh mas-mbak yang memang bertugas untuk itu. Kalau sudah kita harus mengambil nomor antrian dan duduk manis di bangku-bangku dalam sebuah ruangan, katakanlah ruang A.

Saat nomor kita dipanggil, kita akan ke loket yang manggil nomer kita untuk bertemu dengan petugas. Disitu Confirmation Page DS-160, appointment confirmation dan paspor kita akan diserahkan. Selanjutnya kita akan ditanya namanya siapa, SMA dimana dan nyocokin foto buat konfirmasi bahwa itu beneran kita yang wawancara. Satu rombongan hanya akan mendapat 1 nomor antrian dan dipanggil bersama. Selesai, kita akan mendapat nomor group dari mbak-mbak petugasnya.

Apakah itu wawancaranya? Bukhan sodara-sodara. Setelah itu kita masih harus menunggu hingga nomor group kita dipanggil. Saya nunggu 1 jam kayaknya, tergantung datengnya jam berapa. Kalau nomor group sudah dipanggil, 1 group yang isinya kira-kira 10-20 orang/rombongan ini kemudian ke sebuah ruangan katakanlah ruangan B. Disinilah kita akan diwawancara. Di ruangan itu kita pertama harus menunggu nomor group dipanggil untuk antre diambil sidik jarinya. Selesai, duduk dan nunggu lagi kurang lebih setengah jam sampai nomor group dipanggil untuk wawancara. Ketika nomor group dipanggil kita harus berdiri dan mengantre di 4 jalur loket yang disediakan (pilih 1 jalur).

Naaaaaaaaaaaaah disinilah wawancara sebenarnya. Wawancaranya sambil berdiri dan nggak di ruang tertutup; kita masih ada di ruang B. Kita berdiri berhadapan dengan petugas bule yang duduk di seberang terpisah kaca, berasa kayak mau beli tiket naik bianglala. Satu per satu maju wawancara, satu rombongan dianggap 1 giliran. Misal sekeluarga ber-5 ya 5-5nya maju ketemu si petugas bule. Kita terserah bisa pake Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris ketika wawancara. Pertanyaanya ya seputar ngapain ke Amerika, berapa lama, akan ke Kota apa, di sana tinggal di mana, siapa yang ngebiayain, tapi nggak sebatas itu juga. Ketika wawancara pertama saya, saya ke Amerika dalam rangka Microsoft Student Partner Summit, pak petugasnya tanya “So you build application? What kind of application did you build, I am interested, tell me more” sambil mukanya emang terlihat sangat tertarik. Kedua kali pas saya ngelamar H4, saya maju bareng Iib dan yang ditanya-tanya cuma Iib, saya gabut X) waktu itu petugasnya bahkan tanya “How many people come to your wedding?” ahahahaa.. Random emang.

Tips ketika wawancara:

  • pakelah bahasa yang mana kita PD ngejawabnya, Bahasa Inggris lebih baik tapi kalo nggak pede jawab pake Bahasa Inggris mending make bahasa Indonesia aja
  • pede dengan jawaban-jawaban kita
  • siapin bukti ketika ditanya yang penting-penting, misal ketika dia tanya tujuan ke Amrik, sodorin undangan; tanya pembiayaan, sodorin proof of funds yang udah kita punya. Saya dulu sempat “gagal” visanya karena ngga bisa nunjukkin proof of funds *padahal udah ada di email cuma nggak ngeh kalo itu proof of funds – geblek emang*
  • karena kita apply visa non-immigrant, yakinkan bahwa kita nggak akan menetap di Amerika alias pasti pulang ke Indonesia, misal dengan menjelaskan lama kontrak, atau lamanya acara kita disana

Wawancaranya bentar sih rata-rata 2-5 menit (padahal ngantrinya 2 jam hahahaaa). Kalau kita “dianggap” sudah memenuhi kriteria mereka di tahap wawancara ini, di akhir kita akan dibilang “Congratulation your visa is approved” dan cek nomor 7 di bawah. Tapi kalo “gagal”, paspor kita akan dibalikin dan kita dikasih form refusal. Nah refusal ini juga banyak macemnya, umumnya kalo cuma kurang lengkap, misal kurang proof of funds kayak saya dapetnya form 221(g). Apakah terus nggak bisa dapet visa? Bisa! Cek nomer 6 ;)

Catatan: kayaknya jaman sekarang udah nggak ada issue punya nama Islam, berjanggut, berjilbab lebar susah dapet visa US. Mereka yang ngga dapet mungkin ada riwayat perjalanan pernah ke Afganistan dan daerah teror-teror lainnya, riwayat deportasi dan riwayat gelap imigrasi lainnya, atau waktu wawancara terlihat mencurigkan dan malah jawab pertanyaan petugas dengan bertele-tele. Selebihnya gampang-gampang aja asal ikut tips-tips di atas.

6. Kalo masih ada persyaratan yang kurang….

Lengkapi! Terus pergi ke kantor RPX terdekat dengan membawa

  • paspor
  • form 221(g)
  • dokumen yang kurang

Terus bilang ke petugas RPX kita mau kirim dokumen yang kurang ke US Embassy. Ngirimnya gratis kok, udah termasuk di visa fee kita. Setelah itu tunggu dan kalo visa kita di-approve, kita akan diberitahu lewat email.

7. Kalo udah diapprove….

Biasanya visa jadi dalam 3 hari kerja. Kalo udah, visa bisa diambil/dikirim. Tergantung cara apa yang kita pilih waktu bikin appointment. Biasanya kalo pelosok non Jakarta akan dikirim ke kantor RPX. Kalo udah sampai biasanya kita akan mendapat email. Cara ngambilnya cukup datang ke kantor RPX yang kita pilih waktu bikin appointment wawancara dan tunjukkan KTP kita. Kalo bukan kita yang ngambil, bikin surat kuasa bermaterai disertai fotokopi KTP kita.

Ohya durasi untuk visa berbeda-beda, saya punya B1 yang masa berlakunya 5 tahun tapi H4 saya masa berlakunya cuma 1 tahun. Saya cek ke temen-temen saya dari negara lain, mereka ada yang dapet B1 10 tahun, B1 2 tahun, B1 1 tahun macem-macem, tapi saya kurang tahu juga US Embassy menentukannya gimana. Yang penting udah punya visa lah ya.

Terus beli tiket deh, ahzeeeeeeeeeeek…

Sekian share pengalaman dari saya, semoga bisa membantu teman-teman yang hendak apply visa US yah.

xoxo

monasign-right

__________________

Resume link:


189 Comments

  • Reply Intan |

    Memang bisa ya urus via US tanpa pesan tiket dulu ? Krn setahu saya ada kolom pengisian tanggal berangkat dan kembalinya dari US

    • Reply ibramona |

      Hi Intan,
      Bisa, kolom tanggal berapa dan kembalinya kira-kira saja tidak perlu harus sama dengan tiket :)

  • Reply Murifky Dakarai Adilan |

    hi mba mona,

    terimakasih atas infonya, boleh gak saya bertanya, hehehe saya mendapatkan pekerjaan sebagai desainer grafis di perusahaan di new jersey, tapi saya bingung untuk pengurusan visa kerja , seperti yang sudah saya baca visa yang saya butuhkan mungkin H-B1 nah dari pengalaman mba mona apa sih yang harus saya lakukan terlebih dahulu ? sumpah saya kebingungan, huhuhu tolong saya, karena perusahaan ini juga belum pernah memiliki pengalaman membawa pekerja dari luar amerika , sehingga kami sama-sama kebingungan, tolong bantuannya mba :)

    makasih banyak

    • Reply ibramona |

      Hi!

      Wah untuk ini kita ga bisa bantu banyak, saran saya push aja perusahaannya buat cari tahu ke government (petisi I797. dll) karena itu kewajiban mereka dan cuman mereka yang bisa akses untuk tanya ke governmentnya langsung kan ya :) kalo mereka emang niat harusnya dicariin sih infonya, tenaga kerjanya tinggal urus visa dan berangkat aja :)

  • Reply Marcelina |

    Hello, Mona.
    Thanks for the information, blognya sangat membantu.

    Boleh nanya ya mba. Saya ada rencana ingin ke US, dan nanti disana saya akan tinggal dirumah teman, nanti saat interview jika ditanya “tinggal dimana?” kalau saya jawab “saya akan tinggal dirumah teman selama disana”, kira-kira curiga ga ya? takut mereka kepo gitu nanya teman nya kenal dari mana? ( mungkin, hahaha )
    Trus kalau untuk proofs of funds nya, kalau pakai tabungan kita sendiri min harus berapa ya ditabungan? dan kalau proofs of funds nya dibiayai teman saya, teman saya harus bagaimana ya?

    Maaf ya mba banyak nanya, saya takut soalnya belum pernah apply US Visa sebelumnya, dan agak takut dengan interview nya, takut mereka curiga banget gitu.

    Terima kasih banyak.

    Marcelina

    • Reply ibramona |

      Kalo jawab rumah temen kayaknya nggak dicurigain kok :) terus kalo tabungan saya kurang tahu minimal harus berapa. Kalo temennya yang biayain, temennya diminta tolong untuk bikin surat aja buat kedutaan (coba cari di internet banyak templatenya kok), terus suratnya dibawa waktu wawancara. Semoga membantu ya :)

      • Reply Rharan |

        Mba Mona thanks buat infonya….aku mau tanya dong untuk “proof of funds” akan di cek mutasi 3 bulan terakhir atau ngga ya ???thanks ^___^

  • Reply van |

    hai, saya mau tnya sebenarnya yg diliat konsult pda saat wawancara itu apa ya? saya udh 2x di tolak sedih rasanya. pdahal cuma mau jalan” saja emang sih saya jalan” sendiri tanpa kluarga itupun ikut tour. :(

    thanks

    • Reply ibramona |

      Hai,
      Sudah dicek semuanya lengkap? Turnya terpercaya? Tahu alamat tempat tinggal di tiap kota selama tur? Proof of fund (copy rekening tabungan)-nya ada dan jelas? Poin utamanya, Amerika nggak mau ada imigran gelap — orang yang cuma masuk dan nggak bisa keluar jadi kalo backpacking gitu / ikut tur emang agak risky. Ada banyak faktor sih dan karena kita bukan orang konsulat, kita nggak ada tahu sama sekali apa kriteria detail kenapa seseorang ditolak. Semoga next time berhasil ya ;)

      • Reply Van |

        Sbb,
        kalo itu sudah lengkap koq. klo ditnya akan kemana ? kita jawab blabla sambil kasih perjalanan tur kita gak ya ?
        mau tnya klo apply sama orangtua (ibu) kan tidak kerja cuma ibu rumah tangga dokumen gimana ya? passport juga baru masalah gk ya? (bpk tidak ikut apply hnya ibu)
        orngtua pnya toko bapak yg urus(tapi toko kami toko kecil bukan yg besar) trs tidak ada dokumen nya sprti npwp n siup dll msalah gk ya? (takutnya ibu sya ditnya gitu gimana ya) apakah pernah ada pngalaman sprti ini atau saudara kk?

        thanks :)

        • Reply ibramona |

          Iya kasih aja jadwal turnya. Hem coba aja bawa fotokopi tabungan keluarga kamu, sayangnya aku nggak ada kenalan dengan kasus serupa jadi nggak bisa kasih saran banyak. Semoga membantu ya :)

    • Reply nina |

      Hi Mona
      Terima kasih untuk info nya benar kita harus bisa meyakinkan pihak embassy,says juga pernah di tolak karena tidak bisa meyakinkan mereka klu saya akan balik ke indo,
      Tapi says tanya2 klu kita mau apply lg harus ada teman atau group,?
      Ben ar g ya,soalnyA saya mau apply lg.munchkin teman 2 ads yg Mau apply juga bisa gabung dngan saya ,makasih Mona
      Salaam
      Nina

      • Reply ibramona |

        Hem, nggak harus dengan grup kok, sepertinya individual juga bisa. Kalaupun dengan grup toh kalo tidak satu KK (keluarga) wawancaranya juga sendiri-sendiri. Semoga sukses ya di percobaan berikutnya :)

    • Reply Rini Darini |

      Mba, bisa bantu bikinin gak… saya bingung. Saya pengen jln2 ke sana selama 10 hari. Tapi sulit sekali dapat Visa. Karena paspor saya kosong. Gimana solusinya. Terimakasih

      • Reply Nurvirta |

        bikinin? maaf sekali saya bukan agen travel jadi tidak bisa membantu. Kata siapa sulit dapat visa karena paspor kosong? :/ teman-teman saya bisa tuh :)

  • Reply Ari |

    AIWA! ini informatif banget, seakan-akan mbak mona kerja di kedubes US :)
    Saya mau tanya juga boleh yaa. saya juga lagi bikin visa nih, uda submit blablabla dan tinggal interview minggu depan.
    cuma saya ada keraguan sedikit setelah liat mba mona tulis yang ke afganistan gitu agak susah. saya punya catatan perjalan pernah ke irak utara (kurdistan), kira-kira bakal diterima ga ya?

    thank you :)

    • Reply ibramona |

      Whoa kurang tahu juga sih mungkin bakal ditanya2 aja kesana ngapain. Asal jawabannya meyakinkan kayaknya bisa lolos. Semoga sukses ya :)

  • Reply Ashar Fuadi |

    Data DS-160 bisa diisi sebagian, dan ternyata tersimpan di database kok (selama 30 hari). Jadi tidak perlu download filenya. Cukup simpan application ID-nya:

    “Your application has been saved to the database. For the next 30 days, you will be able to retrieve your application from the database by providing the Application ID and answering security questions.”

  • Reply sofian |

    hi mba mona,
    saya mau nanya nih ?
    apakah apply visa kerja, kita harus medical cek up gak, trus kalo iya di mana ya ….soal saya pernah kerja di papua new guinea, saya mesti medical cek up
    Thanks so much.

  • Reply Christine |

    Mbak, kalo sebelumnya belum pernah bikin visa ada kemungkinan di terima gak ?
    Scara passport cap-nya cuma asia tenggara doang.
    Tunanganku disana ( orang sana ) apa dia bisa jadi sponsor atau menurut mbak lebih enak apply sendiri ya ? Trims banget atas jawabannya.

    • Reply ibramona |

      Nggak masalah kayaknya. Ohya kayaknya kalo kamu ada tunangan, kamu apply visanya K1 deh, terus dia yang sponsorin gitu (harusnyaa)

  • Reply Wenwen |

    Min mau tanya. Saya ada rencana mau liburan ke negara bagian Arizona. Kira2 ke sana liburan semester depan di awal bulan Mei 2016 (usia saya sudah masuk 23). Dan saya belum memiliki pekerjaan tetap, saat itu status saya masih pelajar aktif S1 (kuat nggak sih kalau statement letter bahwa aku akan kmbali ke Indo nya dari kampus?) Saya di sana ada seorang teman yang mau menanggung biaya hidup selama liburan sekitar 3 minggu, tapi kita sekedar PEPAL-an (sahabat pena) min, (kira2 dipercaya nggak?). Apakah saldo rekening saya harus lebih dr 50 jt min? dan rencananya teman saya yg mau membelikan saya tiket, beli tiketnya kan sebaiknya bulan januari/february gitu kan min. Terus lebh baik dia transfer uangnya ke saya dan saya yang beli tiket atau dia beli tiket dari sana? oh ya ini pengalaman pertama saya travel overseas, kira2 kemungkinan visaku diapprove berapa persen ya min? Sebenarnya saya sudah browse sana sini, tapi belum kejawab pertanyaan saya yg ini. Tolong ya Min, kasih saran untuk kemudahan saya mengajukan visa. Soalnya udah keinginanku sejak kecil untuk mengunjungi Grand Canyon hehe. thanks, min :)

    • Reply ibramona |

      Kemungkinan visa kamu diterima atau nggak maaf banget bukan kuasaku, apalah aku hanya rakyat jelata jadi aku nggak bisa memutuskan.
      Tapi saran aku ya kamu minta aja temen kamu bikin surat isinya “saya … alamat … pekerjaan … gaji … per tahun, mengundang … untuk datang dan saya akan menanggung biaya akomodasinya”
      Terus suratnya di-ttd, scan, kirim ke kamu dan kamu print.
      Semoga sukses dan berdoa aja ya :)

    • Reply darma22 |

      halo Wenwen, saya punya “permasalahan” yang serupa, apakah visa kamu sudah diterima? permasalahan, umur, dan lama perjalanan saya persis seperti yang kamu ceritakan. mohon info nya ya. terima kasih

  • Reply galih |

    Kaya.a dr smua blog cma in informasi yang pling lengkap .. mo tnya donk

    Gw krja sbgai manage blog milik US ( biarpun cma freelance )n gw d upah tiap mnggu ( n langsng abis bwt jjan ) nah baru2 in mereka pngn gw k sna untuk lbih mngenal blog yg gw urus..

    Krna tabungan gw msh 1 digit gw gk brani apply.. tp kta.a mereka yng akan cover smua.a dr sponsor. Undangan. Bhkan proof of fund buat bktiin mereka pnya uang..

    Jd gw pngn cba mslah.a gw gk tau visa ap yg hrus gw plih.. gw k sna pling lama jga cma seminggu..
    jd ada saran??

  • Reply Tommy |

    Hallo mbak mona,

    mau tanya untuk durasi visa liburan itu rata2 di kasih diatas 6 bulan or 1 tahun yah? coz saya pikir umumnya visa rata2 di kasih 90 hari gitu?

    Thanks

    • Reply ibramona |

      Tergantung sih, saya kurang tahu juga gimana embassy memutuskan orang x dapet maksimal y hari tinggal. Saya dapat B1 5 tahun multiple entry dengan rata-rata 6 bulan tinggal sepertinya (tapi saya sekarang punya H4 dengan izin tinggal sekitar 2 tahun jadi B1-nya di over-ride). Tapi ada juga yang dapat 1x masuk, sepertinya tergantung jenis visanya bagaimana :/

  • Reply galih putra |

    Sngat membantu..

    Oh y klo boleh tau document yg harus kita bawa it slain formulir dr sana aplagi?
    Ap kya ngelamar kerjaan jga? Sprti ijazah ktp . Kk or ap gt?

  • Reply ola |

    Hey mba mona.. sangat membantu sekali nih!! Kebetulan sy dpt gift dari tante saya yg sudah lama menetap di amerika..buat jalan dan ngunjungi keluarga yang udah lama banget gak pernah ketemu secara langsung.. perjalanan sy smua akan di biyai oleh beliau, kira2 tante saya harus urus apa saja ya buat persiapan sy disni agar meyakinkan? Terus berhub sy tinggal di kalbar. Bisa gak konfirmasi ds 160 dan jadwal wawancara nya saya cetak saat sdh tiba di jakarta? Caranya? Hehe mksh .. maaf ya klo banyak kepo nya

    • Reply ibramona |

      Aww sweeeet! Coba kamu minta tante kamu bikin surat yang intinya “saya … dengan alamat di … pekerjaan … gaji … per tahun, mengundang saudara saya … untuk berkunjung ke amerika selama … hari dan semua akomodasinya ditanggung” terus minta tante kirimin ke kamu. Semoga membantu ya :)

  • Reply Saenab |

    Hi, mau tanya dong.
    Surat undangannya kira2 boleh lewat email n kita print??
    Soalnya lama kalo dikirim lewat pos.
    Dan Apa Bedanya surat undangan n Proof of funds??
    Soalnya denger2 kalo di surat undangan sponsor itu mereka bisa dapet dr kantor setempat jika menunjukkan official document mereka (kalo saya salah mohon koreksi)
    Terima kasih sblmnya. :)

    • Reply ibramona |

      (1) boleh di print :)
      (2) contoh bedanya ya: misal kamu diundang lembaga amerika seperti IEEE ikut konferensi mereka, maka surat undangan dari IEEE. Tapiii mereka ga bisa biayain, jadi kamu minta kampus untuk sponsorin dan pihak kampus mau. Jadilah kampus kamu yang harus bikin proof of funds. Semoga jelas ya bedanya :)

  • Reply Saenab |

    Hi. Salam kenal.
    Mau tanya.
    -Bisakah surat undangan sponsornya di kirim lewat email dan di print sendiri?
    -apa bedanya surat undangan sponsor dgn Proof of Funds?

    Krn pernah saya dengar jika surat sponsor itu include data2 dan kesediaan pihak sponsor untuk membiayai kita selama ditempat tujuan. (Maaf Jika saya salah)

    Terima kasih.

    • Reply ibramona |

      Hi!
      (1) bisa, aku juga gitu kok
      (2) tergantung ya kalo ini, kalo emang undangan udah beserta ketersediaan pihak sponsor ya bawa itu aja sebagai undangan sekaligus proof of funds. Kalo aku dulu, kasusnya aku diundang Microsoft US, jadi undangannya dari sana, tapi surat sponsornya dari MS Indonesia jadi ada 2 surat berbeda. Atau, kasus lain bisa aja kasusnya kamu diundang konferensi suatu lembaga di Amerika tapi dibiayai oleh kampus sehingga undangan dan proof of fundsnya terpisah :)

  • Reply fahri |

    Halo!

    Saya mau nanya, kalo status saya mahasiswa, apa bisa pake print-out rekening pribadi? atau memang harus pake slip gaji gt? lalu, ada perkiraan harus berapa gak di dalam tabungan-nya?

    Terima kasih

    • Reply ibramona |

      bisa kayaknya, yang penting cukup buat pp tiket sama biaya hidup selama berkunjung (ini tergantung kamu berapa lama disana jadi aku nggak bisa perkirain juga hehe)

  • Reply Shirley |

    Hi mbak Mona,
    Masih aktuf di blog ini ndak ya?
    Sya shirley. Sya renc mau apply usa visa utk kunjungan. Kunjungan ke tmpt pacar sya sbnrnya sih..Sya baca baru2 ini pihak usa sdg memperketat urusan visa ya? Jd agak2 takut nih… Blum nyoba udh takut duluan hehehe…maklum sya baru pertama kali bikin usa visa.
    Mohon bantuan nya yg mbak :-)
    Terima kasih byk!

    • Reply ibramona |

      halo! bisa kok, yang perlu diperhatikan mungkin proof of funds yaa, yang kamu butuhin either (1) copy buku tabungan yang menunjukkan kamu cukup beli tiket pp dan hidup di amerika selama berkunjung atau (2) surat dari pacar kamu yang menyatakan bahwa dia kerja di xxx dengan gaji xxx per tahun dan siap menanggung segala akomodasi kamu. Semoga membantu :)

  • Reply Nabila Armalia |

    Halo Mbak.. Thank you buat postingan ini, bermanfaat banget buat aku tar mau apply visa usa.. Btw, ada email/ kontak yg bs dihubungin? Ada yg mau aku tanya2 ttg visa usa nya hehe..

  • Reply Nabila Armalia |

    Halo mbak, thank you ya informasinya berguna banget buat aku.. btw, aku kemaren dibilangin sama pihak travel utk lepas kerudung saat wawancara nanti. dia bilang itu bakalan mempersulit granted nya visa . tp liat postingan ini, kayanya itu kekhawatiran yg berlebihan yaa?

    • Reply ibramona |

      yap, berlebihan bangeeeeeeet, aku 3 kali pengalaman wawancara ga lepas kerudung tuh ;)

  • Reply indra |

    Nyimak komen2nya nih…
    Hi mba mona, klo ada sponsor yg ngebiayain kita ke sana sepenuhx jalan2 apa masih perlu proof of funds yg kepunyaan kita? Agak jiper jg nih. Soalx tabungan tipis hihihihiii……
    Mau dong tipsx…..

  • Reply Cassie |

    Mau tanya, untuk persyaratan visa nya, pendidikan terakhir minimal apa ya? Soalnya saya gak sekolah, apa bisa mengajukan visa? Saya cuma bisa baca dan menulis saja, kalau bahasa inggris saya bisa 70% karena saya belajar otodidak dari kecil. dan kalau belum punya pengalaman ke luar negeri Kira2 bisa gak ya? Saya mau ke Amerika juga karena diajak sama anak bos saya. Terima kasih sebelumnya.

    • Reply Nurvirta |

      sepertinya tidak ada syarat pendidikan terakhir, yang penting semua syarat lengkap ya :) sukses :)

  • Reply nikkko |

    halo mbak mau nanya nih, sebelumnya minta maaf kalo pertanyaan2 saya udah ditanya dan dijawab di post2 sebelumnya hehe, saya mau tanya, untuk proof of funds minimal kita bisa cantumin brp buku tabungan yah?
    kebetulan saya punya kerabat di arizona tepatnya diphoenix, dia katanya bisa kasih surat invitation yg lamanya sebulan, jadi selama di amerika saya tinggal disana, suaminya dia orang indo tp udah jd warga negara amerika, nah kira2 selain surat invitation, apalagi ya yg dibutuhin? saya baca di post2 sebelumnya katanya harus nyantumin pekerjaan, jumlah tabungan, dsb? thanks mbak sebelumnya

    • Reply Nurvirta |

      disclaimer: saya bukan pegawai kedutaan jadi jawaban saya tidak selalu benar yah.
      Kalo total tabungan kurang tahu juga saya berapa. Kalo ada teman di Phoenix begitu, minta dia buatkan surat saja kalo bersedia menampung dan membiayai. Cantumkan juga gaji dia setahun dan pekerjaannya apa. Coba googling aja contoh suratnya banyak :)

  • Reply jooo |

    halo mbak , abis nyari2 info kesana kemari , buka homepage us embasy akhirnya nemu blog ini, banyak bgt info yang saya dpt dari sini :D , cuma masi ada yang sy bingung mba , barangkali mba tau

    1. Perbedaan antara Form Ds 160 dengan I – 129 itu apa y mba? soalnya saya baca-baca untuk apply visa kerja harus isi form I-129 sebelumnya
    2. sy dpt tawaran kerja d sana, daerah indiana, untuk apply visa kerja sendiri apa cukup dengan surat keterangan/ undangan dari perusahaan disana atau harus ada pendukung dari sana?atau ada semacam surat keterangan dari semacam badan tenaga kerja d sana?
    3. untuk proof of funds apakah bisa dari perusahaan lain yang siap menspronsori sy nanti? apa perlu juga bawa rekening tabungan juga kalo udah ada proof of funds?
    makasih sebelumnya ya mba :)

    • Reply Nurvirta |

      1. Jadi gini, untuk kerja atau sekolah, kamu harus punya “Sertifikat” terlebih dahulu yang menunjukkan bahwa kamu akan bekerja / kuliah di sana. Surat sakti atau sertifikat ini dikeluarkan oleh tempat kerja terkait. Jadi prosesnya: tanya tempat kerja kemana harus isi I-129 (kebijakan tempat kerja beda-beda), terus diisi, terus dapetlah si sertifikat I-129 ini. Kalo udah punya sertifikat ini berarti kamu qualified untuk bekerja di US. Barulah setelah itu kamu urus visa. Caranya? Ya ikuti step-stepnya, salah satunya isi DS-160. Jadi I-129 ini untuk urus “sertifikat bisa kerja di US”, DS-160 untuk visa masuk US.
      2. Kamu tanyakan pihak kantornya saja ya, harusnya kamu urus macem2 sih, dan diurusin sama kantornya. Kamu tinggal dapet I-129nya aja, terus baru urus visa.
      3. Kamu tanyakan kantornya ya kalau ini. JANGAN PERNAH BIKIN VISA KERJA KALO BLM ADA “SERTIFIKAT” BISA KERJA DISANA (I-129, I-797, etc)

  • Reply Rica |

    Kamu waktu urus B1 dapat 221(g), waktu tunggu berapa lama? terima kasih

    • Reply Nurvirta |

      tiga hari sepertinya kalau tidak salah. Asal langsung lengkapi persyaratan yang kurang dengan segera.

  • Reply Merry Magdalena |

    Haii mau tanya donk.. saya dan sekeluarga ada rencana ke amerika. Itu emangnya harus pake e passport ya? Atau passport biasa bisa?

  • Reply meita |

    Hallo mba Mona, blognya ngebantu bgt deh buat saya. Saya ada rencana mau appy visa ke Amerika untuk yg pertama kalinya tapi agak takut ga di approve karena saya lagi ga kerja dan tabunganku ga bnyk2 bgt tapi semua perjalanan Ku ditanggung sama pacarku yg disana. Menurut mba mona gimana? Apa yg harus aku lengkapi? Tlg direpons ya mba Mona, thanks :)

    • Reply merry |

      hi sis. tanya donk. kemaren sempet tanya. apakah bikin visa amerika harus e-passport ?
      tolong dibantu ya,.. apakah bisa pake passport biasa?

    • Reply Nurvirta |

      Mintaa aja pacarmu bikin surat sponsor, melampirkan tabungan / gaji dia. Googling aja banyak kok contoh surat sponsornya :)

  • Reply ayu |

    hai mba Mona,
    thanks bgt postannya sgt informatif.
    saya dan pacar berencana ke NY utk holiday tahun depan.
    klo perjalanan ini saya akan ditanggung oleh pacar, artinya saya juga harus meminta Proo Of funds rekeningnya kan?
    dan di NY saya akan tinggal di tempat teman.

    nah, pertanyaan saya
    kalau saya punya tabungan sendiri (wlopun ga banyak xD)
    apakah Proof Of funds dari pacar dan dr teman saya di NY harus di sertakan juga (tiga2nya)?

    • Reply Nurvirta |

      Hem.. disclaimer dulu ya, saya bukan orang kedutaan jadi saran2 saya tdk bisa memastikan lolos tidaknya kamu untuk dapat visa. Saran saya, overprepared aja, siapin proof of funds dari semuanya

  • Reply rika |

    mau tanya saya agak bingung , tadi saya sudah bayar untuk visa kemudian masuk janji temu lalu masuk profile kemudian di bawah ada kota no pembayran , itu nomor apa ya ?

    • Reply Nurvirta |

      Itu nomor yang ada di slip pembayaran, dulu sih USXXXXXXX di pojok kanan

  • Reply AnnaYulia |

    Hi Monna, Thank you banget buat infonya . bener bner ngebantu pertanyaan saya yang udah dari lama banget kebingungan nyari nyari info lengkap buat apply visa US. Saya mau rencana apply visa ke US ke daerah chicago , krn pacar saya foreigner asli sana yang skrg kerja di jakarta dan minta udah minta saya apply visa trip buat jalan jalan berkali kali tapi saya ragu banget dan akhirnya mulai mulai cari blog atau org org indo yang apply visa ksana dan berhasil. Trus ad pihak yang bilang kalo misalnya apply visa bukan ke kota jalan jalan (sperti chicago) agak susah, hal ini sempet ngebuat saya down, pacar saya juga bilang mau jadi sponsor alias nanti kalo ada butuh surat apa bisa lewat dia jadi saya bisa agak tenang. Sebenernya sama pertayaan saya tadinya mengenai info rekening , tapi berhubung udah di jawab di atas, saya skip deh ya. hehe. Tapi anyway good thoughts and very useful article ! thank you so much !
    Wish me luck ;)

    cheers,

  • Reply purnomo |

    mbak mau tanya,katanya kalau singel name susah buat visa us. apa itu cuma isu atau beneran ya mbak,thank…..

  • Reply Fidela |

    Hi Mbak Mona,
    Saya mau tanya, apakah visa untuk pemegang e-paspor dan paspor biasa berbeda? Karna beberapa hari lalu saya telah melakukan wawancara dan tinggal menunggu untuk pengambilan visa, akan tetapi kemarin e-paspor saya dikembalikan tapi teman saya (paspor biasa) tidak dikembalikan

    • Reply Nurvirta |

      Halo Fidela, mohon maaf saya kurang tahu tentang info ini karena saya sendiri tidak menggunakan e-paspor :(

  • Reply Yulianto |

    Mlm mba…klo boleh tau buat visa kerja release brp lm yaa kalau lwt agen??

  • Reply rahma |

    hi, post nya bermanfaat banget!
    by the way kalau boleh tau kamu apply untuk internship itu kira2 intern nya brp lama ya? aku ada rencana intern tapi dia ngga ada bayaran sm sekali, nah aku bingung harus apply visa B atau H..
    gimana cara nentuin nya ya? makasi!!!

    • Reply Nurvirta |

      Disclaimer: saya bukan pegawai konsulat sehingga jawaban saya tidak ada jaminannya ya..
      Saya blm pernah apply internship sehingga saya nggak tau visanya apa. Saran saya, kamu tanyakan saja ke pihak perusahaannya ya, kalo perusahannya bener, mereka pasti punya divisi legal yang mengurusi pervisaan. Semoga beruntung!

  • Reply Yanti |

    Hi..salam kenal.. saya mau tanya kalo single name apakah bisa apply visa ? karena menurut temen saya pernah di tolak karena single name itu. thanks ya

    • Reply Nurvirta |

      Hai,

      Maaf banget saya bukan pegawai konsulat jadi tidak tahu mengenai hal ini. Maaf saya tidak bisa bantu jawab ya :(

  • Reply Kiki |

    Hi ka, mau tanya dong, kan katanya yg pling penting tuh ngayakinin embassy kan klo kita bakal balik lg ke indo?. Kl semisal beli tiket pesawat pulang perginya dlu lbh aman kali y ka. Thx

    • Reply Nurvirta |

      Hai Kiki,
      Duh menurutku malah jangan dulu, soalnya rugi kan udah beli kalo ga dapet visanya :(
      Caranya ya udah tegas aja bilang ga akan balik. Bilang aja cuma mau wisata, gak ada pacar, gak ada keluarga. Tipsnya mungkin itu sih. Semoga berhasil ya

  • Reply Aretta |

    Hai mba Mona,

    Mau nanya nih, kalau biaya akan ditanggung orang tua, proof of funds nya berupa surat keterangan sponsor saja, atau harus tetap ada lampiran buku tabungan/rekening koran orang tua kita?

    Makasih sebelumnya mba :))

    • Reply Nurvirta |

      Hai Aretta,
      Buku tabungan orang tua tetep dibawa ya :) rekening koran juga boleh

  • Reply Riki |

    Mba nurvirta mau tanya kira2 kita harus punya minimal berapa di tabungan supaya bs di approve?

    • Reply Nurvirta |

      Hi Riki,

      Maaf sekali saya bukan pegawai kedutaan jadi saya tidak tahu untuk masalah ini, mohon maaf tidak bisa bantu banyak ya :(

  • Reply Chris |

    Hai mau tny dong, rncn mau apply visa us semua dokumen lgkp, sy kesana pakai uang sendiri tanpa sponsor, usaha saya toko tp ga ada siup. Apakah wkt wawancara mrk mnt siup dr kita?

    • Reply Nurvirta |

      disclaimer: saya bukan visa officer sedemikian hingga jawaban saya belum tentu valid
      sepertinya tidak usah, bawa bukti tabungan yang saldonya cukup saja :)

  • Reply Flaurensius |

    Dear Mona,

    Saya berencana untuk mengunjungi teman di Washington State, tujuan saya adalah untuk belajar budaya U.S serta mengajarkan tentang budaya Indonesia. Kira-kira saya harus membuat visa jenis apa? Dan teman saya ini telah memberikan email soal pertanggungjawabannya (tempat tinggal, pembelian tiket PP, dan segala macam biaya saat saya berada di sana) Apakah masih membutuhkan POF juga?

    Regard,
    Flaurensius

    • Reply Nurvirta |

      disclaimer: saya bukan visa officer sedemikian hingga jawaban saya belum tentu valid
      Sepertinya di print saja suerat keterangannya, POF berupa surat dari teman tersebut berapa banyak biaya yang akan dia alokasikan / berapa banyak gajinya setahun.
      Untuk jenis visa mohon maaf saya kurang tahu :(

  • Reply cindy |

    Hai mbak, aku rencana mau apply sekeluarga. Kita mau jalan-jalan, aku dan kakakku dapet cuti di bulan desember. Papaku pernah apply sekali, ditolak karna kurang kuat bukti akan balik (papa juga apply nya sendiri). Di Texas ada keluarga besar papa, dan kita mau natalan bareng karna sudah lama gak natalan bareng. Kira2, kalo kita apply sekeluarga, bilang mau jalan2 sekaligus kerumah sodara, prrof of funds juga dari papa ada, aku ada, kakakku ada kecuali mama, dia nebeng papa, itu apa lagi yang harus kami persiapkan? Surat undangan dari keluarga papa disana juga bisa kan ya? Dipersulit gak ya kalau ada keluarga? :(

    • Reply Nurvirta |

      disclaimer: saya bukan visa officer sedemikian hingga jawaban saya belum tentu valid
      Surat undangan boleh banget. Untuk bukti baliknya, lebih baik sertakan surat / keterangan bahwa papa kamu ada pekerjaan / bisnis disini, bisa berupa surat keterangan kerja / bisnis jadinya habis dari amerika pasti balik karena ada pekerjaan di Indonesia. Semoga bantu yah

  • Reply cindy |

    Dan aku belom pernah kemana-mana. This is gonna be my very first trip. Papa cuman pernah sekali itupun ke Mekkah, kalo mama sama kakak paling asia tenggara aja. Any tips for us? Kalau proof of funds dari papa cover sekeluarga gimana? Thank you!

    • Reply Nurvirta |

      disclaimer: saya bukan visa officer sedemikian hingga jawaban saya belum tentu valid
      proof of funds buat sekeluarga boleh :)

  • Reply Ari |

    Hi mba nona, saya pernah membuat akun utk ke us tahun sebelumnya, saat ini saya berencana ke us lagi, tetapi saat measuk ke akun yg sama dan mengikuti strp by step utk oenjadwalan wwcara, ada notifikasi this profil is already exist with username bla bla bla, sehingga saya tdk bisa lanjut ke stel srlanjutnya, padahal akun ini merupakan akun lama sya yg dl. Kemudian sya coba menggunakan email baru dan membuat akun baru, tali tetap saja ada notifikasi demikian, this profil match with another uername.. Mohon infonya mba nona. Terima kasih

    • Reply Nurvirta |

      disclaimer: saya bukan visa officer sedemikian hingga jawaban saya belum tentu valid
      waaaaaaaaaah saya nggak tau urusan beginian mohon maaf ya :( telepon kedutaan aja, mereka pasti bantu kok

  • Reply Van |

    Hai kk nurvirta

    1. Saya binggung, klo apply saya orang tua bikin jadwal wawancaranya gimana ya? Apa appointment ya hrs bkin 2? Klo misalnya cuma 1 appointment apa nnti data ya?akan kebaca meskipun 1orng tsb tdk buat appointment??
    2. Apakah orng tua hrs bkin email juga?
    3. Pas isi ds160 untuk orng tua. Kolom ” person/entity paying for your trip” isi “diri sendiri” ya?
    4. Dikolom “have you made specific travel plans” itu mskdnya gimana ya? Jwab yes atau no??

    Thanks kk mohon dijwab :)

    • Reply Nurvirta |

      1. Kalo mereka sekeluarga, bikin 1 appointment, terus disitu tambahkan 1 orang lainnya, jadi pas diprint ada 2 nama
      2. Nggak harus, kalo kamu mau, bikinin aja akun buat mereka terus kamu yang urus
      3. iya
      4. Kalo blm ada plan mau kemana aja ya “No”, kalo udah aja ya “Yes”
      Good luck :)
      disclaimer: saya bukan visa officer sedemikian hingga jawaban saya belum tentu valid

  • Reply catyu |

    Hello kk..

    saya ada plan mau ke USA.. ada teman disana… kenal dr facebook, dan belum pernah ketemu langsung.. rencana saya mau bayar ticket pesawat sama expenses disana by my own kecuali tempat tinggal.. saya mau tanya:
    1. apa petugasnya bakal minta bukti seperti foto kalo saya pernah ketemu lgsung dg teman? klo belum pernah ketemu lgsung gimana? apa bs tetep di approve?
    2. untuk tiket pesawat, saya dengar kita harus menyertakan bukti tiket pp? ato bukti tiket PP yg belum dibayar? ato bisa juga tanpa bukti tiket? pls advise
    3. tabungan saya cuma 2 digit , klo saya menyertakan print out bank dg jumlah cuma segitu apa mungkin di approve?
    4. saya sekarang bekerja, tapi perusahaan tidak kasih ijin off even untuk 3 minggu means kalo saya tetep ambil travel ke US, saya bakal di “fire” dan tidak dapat confirmation letter dari perusahaan yg menyatakan klo saya masih bekerja di indo n bakal balik indo, gimana caranya untuk meyakinkan mereka klo saya bakal balik tanpa meyertakan confirmation working contract dr perusahaan?
    5. apa bisa pakai surat keterangan dr org tua klo saya bakal balik?

    maaf terlalu banyak pertanyaan, tp saya takut mau apply dan saya bingung
    mohon bantuan nya kk… :)

    • Reply Nurvirta |

      1. Kamu yakin nih mau ketemu padahal baru kenal online gitu? :/ Gambling banget huhu… But anyway, menurut aku temen kamu HARUS bikin surat bahwa dia ngundang kamu ke alamatnya, plus dia yang nanggung semua biayanya (walaupun aslinya engga) plus lampirkan surat gaji tenenmu setahun.
      2. Tiket? Nggak perlu dan jangan beli dulu. Sedih kan dah beli tiket tapi ga dapet visa misalnya.
      3. Gatau :( maaf saya bukan pegawai kedutaan jadi gatau :(
      4-5. Bilang aja kamu cuma vacation dan kamu bakal balik dengan tegas. Orang tua masig di Indo kan? Bilang aja pasti balik buat urus orang tua

      Nb: karena saya bukan orang hukum / kedutaan, saya tidak memberi jaminan jawaban saya akan bikin kamu lolos loh ya. Good luck :)

      • Reply catyu |

        Hello kak,

        Thanks uda reply and kasih info nya,
        iya yakin kaka, soalnya uda temenan 3 tahunan.. uda sering skype and tiap hari chatting… whatever will be will be lah kak… yg penting tetep doa and think positive hehehehe
        aku pernah baca blog lain, ada yg 30 juta di account di approve tp itu status dia kunjungi mertua di USA sih
        klo gitu brarti sponsor bisa sertakan invitation letter and tanpa konfirmasi dari kantor soal kontrak kerja ya kak?
        tp klo nanti konsulat tanya soal pekerjaan, kira2 aku harus jawab apa ya kak?
        bigung…
        pasti ntr tanya macem2.. aku nya uda takut dulua :(

        • Reply Nurvirta |

          Lebih baik kalo yang ngundang kamu sertakan surat dari kantornya juga (tiap kantor biasanya ada surat yang ngasih tau gaji dia setahun),supaya lebih valid. Persiapan semua pertanyaan yang mungkin beserta jawabannya aja biar mantep

        • Reply Adri |

          Halo, gw paham banget nih perasaan lo. Tahun lalu gw apply visa US untuk ketemu pacar di US (kita udah pernah ketemu sebelumnya). Akhirnya diterima setelah proses berliku liku. Kalo mau sharing, boleh email aja ke gw atau via apapun. Karena dulu gw gapunya siapapun untuk cari info.. jadi, berhubung gw punya banyak informasi, kenapa ngga untuk share? Good luck

    • Reply Nurvirta |

      Kamu harus urus I-20. Tanpa itu, kamu nggak bisa urus visa. Nggak ada uang segitu? Cari pinjeman. Aku juga gitu kok :”)

  • Reply Febrian |

    Hallo mbak
    Terimakasih info nya cukup membantu
    Saya mau tanya

    Saya ada undangan dari teman untuk datang ke tempat nya disana
    Untuk mendapatkan visa usa persyaratan nya harus ada berapa jumlah uang yang ada di tabungan saya ? Terus apabila paspor saya belum pernah keluar negri sama sekali apakah itu jd kendala kalau pengajuan visa saya di tolak?
    Mohon info nya min

    Makasih banyak

    • Reply Nurvirta |

      Disclaimer: saya bukan orang kedutaan jadi mhn maaf jawaban saya blm tentu benar dan menjamin kamu dapet visa.

      Saran: minta temen kamu bikin undangan resmi buat kamu, intinya dia ngundang kamu, dan akan biayai semua perjalanan kamu (walau aslinya engga) plus surat gaji dia setahun.

      Uang di tabungan ada berapa? Maaf saya nggak tahu :(

      Paspor blm pernah ke luar negeri? Ga maslaah

  • Reply bram kilapong |

    Hai mbak nurvita,

    Mau tanya, berapa lama proses membuat visa amerika itu ya mbak??
    Dokumen apa saja yg mesti diupload??
    Sy ada rencana berangkat januari apa kekejar ya buat visa sekarang??

    Terima kasih mbak

    • Reply Nurvirta |

      Siapkan 3 minggu: 1 minggu isi formulir, 1 mingg jadwalkan wawancara, 1 minggu wawancara sampai dapat visa.

      Dokumen apa aja? Baca blognya sampe habis ya :)

  • Reply Yuyu |

    Hai mbak.. sangat membantu sekali. Sya mau nny, kalau misal di pasport pernah ada catatan overstay di korea selatan gmn ya mbak? Ada masalah ga ya? Makasih sebelumnya.

    • Reply Nurvirta |

      Disclaimer: jawaban saya blm tentu benar karena saya bukan orang hukum/ kedutaan

      Duh sepertinya susah :( tapi kalo nekat dicoba aja. Saran saya coba minta petunjuk sama pengacara yang mengurusi keimigrasian.

  • Reply Sarah |

    Kak kalo saya gak ada pekerjaan, lulus kuliah udh setaun yg lalu, lalu saya mau study di new york short course 4 minggu kira2 dicurigain mau cari kerja gak yaa.. keuangan masih sponsor org tua..

    • Reply Nurvirta |

      Short coursenya ngeluarin semacam I-20 untuk urus visa ngga? kalo nggak hati2 loh bakalan agak susah mungkin. Alternatifnya, kamu minta surat undangan dari mereka dan bikin visa B1 aja

  • Reply Yohana |

    Hi mbak. Saya punya rencana ingin ke usa tgl 20an desember 2016. Apakah sempat pembuatan visa jika aku start tgl 20 oktober 2016.

    Rencana kesana krn di invite teman dan sekalian jalan2. Jenis visa b2 atau b1/b2?

    Dana saya di sponsor org tua. Apakah masih perlu buku tabungan pribadi. Saya sudah bekerja 4 tahun.

    Pembayaran itu bagaimana? Langsung ke cimb atau musti daftar profile dlu isi bru muncul virtual account?
    Terima kasih

    • Reply Nurvirta |

      1. Sempaaaaaaaat. Kalo semua lengkap, dari daftar sampe dapet visa bakal cuma 2 minggu
      2. B1/B2
      3. Iya, jangan lupa bawa tabungan orang tua juga
      4. Bikin profile dulu baru muncul virtual account

  • Reply Gnokain |

    Hi mb Nurvita..salam kenal

    Saya sedang mengajukan i-20 untuk visa F2 dg dana dari keluarga. Karena saya ingin berangkat bersama suami(perkuliahan januari), waktu untuk pengurusan i-20 sangat mepet sehingga orang tua meminjam dana dari saudara(utk dimasukkan ke rekening org tua) di bulan agustus. Saya apply i-20 minggu kemarin. Untuk apply visa rencana akhir november. Apakah sponsor dana untuk apply visa bisa berbeda dengan sponsor dana i-20?krn rencana sponsor dana untuk i-20 menggunakan tabungan mertua yg lbh stabil.
    Terimakasih atas bantuannya

    • Reply Nurvirta |

      sebisa mungkin nggak berbeda sih, intinya semua sumber dana yang kamu masukin buat i-20 harus kamu bawa waktu wawancara (buku tabungan orang tua dkk). Kalo ada tambahan sumber biaya, bawa juga, cuma yang paling penting ya apa yang kamu tulis di i-20 harus ada buktinya. Gitu.

  • Reply raisa |

    mba mona mau tanya.saya mau apply visa transit saja./C1.karena saya mau ke negara peru tempat suami saya.saya akan membawa serta anak saya berumur 2 thn.pertanyaan saya :
    1.apakah suami saya harus membuat surat bahwa mengizinkan anak saya travel ke peru?
    2. apakah suami saya harus menyertakan pekerjaannya apa dan uang untuk membiayai kami? sedangkan suami saya pekerjaannya tidak tetap lagi.hanya wiraswasta.sehingga tidak ada bukti slip gaji.saya juga hanya wiraswasta saja.kami hanya ada buku tabungan yamg jumlahnya juga tidak banyak.jadi bagaimana ya sarannya..
    3. dapatkah kami menyertai tiket reservasi saja? dalam arti bukan tiket yg sudah terbeli ke negara tujuan.
    trima kasih sebelumnya mba mona.

    • Reply Nurvirta |

      disclaimer: saya bukan pegawai kedutaan jadi jawaban saya tidak memiliki kepastian hukum (belum tentu benar begitu)
      1. sebaiknya iya
      2. sertakan saja kalo dia wiraswasta, dengan bukti rekening koran untuk tabungan
      3. sepertinya iya

  • Reply Sara Wardana Sentosa |

    Wah informatif sekali, makasih mbak post-annya, btw mau tanya nih mbak, kalo mau ke Alaska gt bisa apply visa US aja ga? jadi biar bisa dipake ke LA jg, soalnya mau ada perjalanan cruise ke Alaska. Jadi intinya apakah visa US berlaku untuk ke Canada and Alaska? thank you mbak

    • Reply Nurvirta |

      Alaska itu US juga looooooooooooooooooooh heheee jadi apply visa kesana udah pasti bisa ke mana pun di Amerika :)

    • Reply Nurvirta |

      Amerika serikat maksudnya, Canada bukan Amerika serikat jadi harus apply visa Canada

  • Reply lc |

    Mbak . ada instagram / email yg bisa q hubungi gak ? Mw nanya nih . q nau ngunjungin cowok ku di colorado . ni q mw urus visa di jkt. Itu butuh ktp gak mbak ? Trus soal proof of fund itu cukup print out slip gaji cowok ku aja ya ? Tx bfore :)

    • Reply Nurvirta |

      – ktp bawa aja, lebih banyak yang disiapkan lebih baik
      – sama surat pernyataan cowokmu jangan lupa ya

      • Reply C7 |

        Hi
        Sy udh 2x apply dan ditolak :'(
        Pertama kali sih bilang nya mau jalan jalan dan tinggal dirumah teman .. Mereka g blg apa2 eh lgsg ditolak . Yg kedua ikut tour dan ditolak .
        Semua data pdhl udh lengkap sponsor dr mereka dr org tua dll . Tp mereka ga nanyain sama sekali n paspor kosong , single, dan gak bekerja karna sy bru lulus kuliah hulan kemarin .
        Gtw deh musti gmn lagi ?
        Ada yg tau solusi nya gak?
        Thanks

        • Reply Nurvirta |

          coba lagi aja, temen saya ada yang gagal 2 kali semua disponsorin, akhirnya di kali ketiga dia bilang biaya sendiri. Tapi ya resikonya musti punya tabungan dengan nominal cukup (jangan tanya berapa ya, saya juga kurang tahu heu)

  • Reply fanny |

    Hi
    Aku mau nanya..
    Aku seorang dokter dan rencananya mau ke US untuk tes USMLE (mungkin 2 atau 3 tahun lagi krn skrg masih ikut program dokter internsip).
    Aku punya teman di sana.
    Kira2 visa apa ya yang cocok?
    Krn perjalanan aku ini nantinya bukan jalan2, tp belum bisa dibilang menetap juga..
    Makasih ya..

    • Reply Nurvirta |

      USMLE apaan yak :/ kalo itu ada penyelenggaranya, kamu bisa konsultasi sama penyelenggaranya untuk visa apa yang pas buat kamu, maaf ya nggak bisa jawab spesifik :(

  • Reply Natasya |

    Hi mba
    Sblmnya trimakasih atas infonya d blog ini.
    Saya lg proses mengisi form DS-160. Tapi saya bingung untuk jenis visa yang akan saya ambil. Saya rencananya akan berkunjung ke NC untuk liburan aja. Tapi di kolom jenis visa ada plihan visa B1/B2 ,B1 saja , B2 saja. Saya jadi bgung harus memilih jenis yang B1/B2 atau B2 saja ya?.
    Trrimakasih

  • Reply Fifi |

    Halo mona,infonya bermanfaat sekali,saya mau nanya,rencana saya mau kuliah s2 di us,terus setelah tamat kuliah mau lanjut kerja disana,itu jenis visa apa yg harus di apply? Sebelum melamar pekerjaan emang sudah harus ada visa atau bagaimana? Atau visa nya dinsponsori oleh perusahaan setelah kita diterima?
    Thank You

    • Reply Nurvirta |

      Oh, apply F1 aja kalogitu. Setelah selesai kuliah kita bisa daftar F1-OPT untuk kerja 1 tahun, atau 2 tahun kalo bidangnya STEM, tanpa perlu sponsor perusahaan. Kalo perusahaan mau sponsorin, biasanya habis itu kamu bakal ganti visa jadi H-1B. Kalo kamu daftar J1 visa buat pelajar, kamu ga boleh kerja di US sebelum balik ke negara asal selama 2 tahun kalo ga salah. Jadi kesimpulannya, F1.

  • Reply Dewi |

    Hi kak Monna! Mau Tanya saya masih bingung coba search di google ke amerika itu harus pakai e-passport ya sekarang? Rencana nya saya mau bikin visa tapi paspor saya masih yang lama jadi biar gak capek dua kali soalnya banyak yg bilang ke amerika itu perlu e-passport. Thanks ka

      • Reply Dewi |

        Terus bakalan dipersulit gak ya ka? Jika saya kesana buat visit cowok saya yang memang us citizen, dia sebagai penanggung jawab mulai dari beliin ticket pesawat, tempat tinggal selama disana, dan juga biaya hidup saya Disana. Nah berhubung saya ini masih mahasiswi, jadi saya belum bisa menyertakan dokumen sebagai strong tie. Menurut pengalaman temen2 saya yang sudah bolak-balik buat visa dengan alasan kunjungan pacar,atau teman semuanya ditolak padahal sudah menyertakan invitation letter dari si orang yang mengundang mereka. Jadi pesimis duluan nih huhu tolong kasih pencerahan ya ka

  • Reply Grace Liani |

    hai kak! ak mau nanya nih, untuk bikin surat sponsor resmi gimna ya ? soalnya aku udh cari2 tp beda-beda gitu. karena yg pergi ibu sama adik jadi aharus bkin surat sponsor dr ayah. thanks kak :)

  • Reply Ray |

    Halo mbak, Kalo ngurus visa tourist apa perlu nyiapin Surat keterangan kerja? Mbak punya contoh Surat keterangan kerja dalam bhs English ? Thanks ya mbak

    • Reply Nurvirta |

      Surat keterangan kerja biasanya dikasih dari kantor. Coba minta kantornya saja yang buatkan.

  • Reply Yoga |

    Hai mbak mona , please please bales … Saya segara urus visa US. Itu seriously gapapa ga beli tiket dulu . Wow hehe .. Oh ya kalo sponsor kita udah tua ga kerja tapi tabungan banyak , jadi proof of funds nya , copy tabungan dia + invitation letter kah. Please bales. Makasih

  • Reply Marvella |

    Hai mbak Monaa..

    Mau tanya, jadi total dari isi form online sampe visanya jadi itu berapa lama mbak? Terimakasih

    • Reply Nurvirta |

      Tergantung. Kalo hoki cuma 2 minggu. Yang lama itu nunggu jadwal wawancara soalnya gatau kosonya kedubes kapan kan. Kalo kamu udah siapin semua bahan waktu isi form, terus langsung bayar di hari yang sama, terus schedule wawancara, terus dapetnya seminggu setelahnya, total 2-3 minggu. Tapi amannya alokasiin aja waktu 1 bulan.

  • Reply Riski |

    Hi mba Mona semoga sehat selalu dan selalu dalam lindungan Allah SWT, aamiin

    Mba saya mau bertanya nih mengenai visa turis, saya gaada tmn disana cmn pgn jln jln sendiri aja dan nyari penginapan lewat air bnb kira kira lolos gak yah kalau ditabungan hanya punya $2,000

    Saya ingin sekali jln jln disana walau blm belum beli tiket bisa ya isi kapan berangkat dan kapan pulang?

    Terima kasih atas pencerahannya

    • Reply Nurvirta |

      Disclaimer: saya bukan pegawai kedutaan, jadi jawaban saya murni opini dan ga dijamin kebenarannya

      Maaf banget saya nggak tau tabungan harus berapa duit, kalo mau piknik, bilang aja mau travelling, meyakinkan aja gitu. Semoga sukses ya

  • Reply Cici |

    Haii mba, mo ikutan nanya boleh yaa ^^

    Barusan Aku bayar fee utk visa k1 d cimb, trus tellernya bilang h+1 atau besoknya Aku mesti telpon ke embassy buat konfirmasi atas pembayaran ini. Trus Aku cuma dikasih copian form multiguna yg wrnanya hijau.

    Emang gitu ya mba mesti konfirm per telpon? Bukannya nanti copian ini dibawa aja pas interview?

    Mohon pencerahannya ya mbaa… Terima kasih :)

    • Reply Nurvirta |

      Disclaimer: saya bukan pegawai kedutaan, jadi jawaban saya murni opini dan ga dijamin kebenarannya

      Aturan bayar visa tiap tahun kayaknya ganti deh, jaman dulu saya engga perlu gitu, langsung bakal dikonfirmasi 1-2 hari kerja dan udah bisa bikin appointment. Mungkin sekarang emang harus telpon, telpon aja sih kalogitu :|

  • Reply Cici |

    Mba ada yg ketinggalan, aku udah trlanjur bayar d cimb Tp blom bikin profile, itu gmn mba?

  • Reply simson |

    halo kaka..
    aku mau nanya, aku rencana ke us di sponsori oleh keluarga teman aku di sana.
    apakah buat visa holiday pake sponsor masih bisa ka..?
    soalnya dengar2 saat ini pembuatan passport ke us udah susah jika pakai sponsor…
    mohon infonya ya kaka..
    Terima Kasih.

    • Reply Nurvirta |

      Disclaimer: saya bukan pegawai kedutaan, jadi jawaban saya murni opini dan ga dijamin kebenarannya

      Kamu minta surat aja dari keluarganya, yang jelas ada nama dia, alamat, kontak, pekerjaan dan gaji setahun, terus hubungan dia sama kamu. Di surat itu menegaskan kalo mereka ngundang kamu buat holiday. Gitu.

  • Reply minie |

    Mba, sy single dan tidak bekerja (baru resign akhir 2016 kmrn). Bagaimana dgn pengajuan visa us sy tanpa surat sponsor dr perusahaan? Rencana perjalanan dgn seluruh biaya sy tanggung sendiri. Dana rekening sy pastikan memenuhi syarat. Mohon pencerahannya terkait surat sponsor ini. Tks.

    • Reply Nurvirta |

      Disclaimer: saya bukan pegawai kedutaan, jadi jawaban saya murni opini dan ga dijamin kebenarannya

      Yaudah yolo aja daftar kalogitu hehe. Good luck.

  • Reply Nia |

    Hii Nurvirta, sya mau tanya.

    bulan lalu (april) visa us saya di tolak, tidak jelas alasannya apa. karena dokumen2 juga ga di tanyain, dan mungkin jg krna saya grogi
    tujuan saya kesana mau holiday dan menghadiri graduatuin teman saya.
    rencana awal bulan mei saya mau coba apply lgi, ada sarankah dari mba kira2 lebih baik saya bilang yang sama dengan yang sebelum nya atau saya ikut tour? karna pengalaman banyak org ikut tour lebih mudah di terima?

    Yang sya tkutkan data saya seblumnya mengatakan mau ke graduation teman saya masih ada. menurut mba lebih baik saya blg ikut tour atau sama dengan sebelumnya?

    sebelumnya terima kasihatas info nya mba :)

    • Reply Nurvirta |

      Disclaimer: saya bukan pegawai kedutaan, jadi jawaban saya murni opini dan ga dijamin kebenarannya

      Kalo mau menghadiri graduation, minta surat dari temenmu kalo dia bakal ngundang kamu. Biasanya dari kampus ada templatenya gitu kalo mau bikin surat sponsor ngundang international guest. Terus pas wawancara visa, pas ditanya mau ngapain, sodorinlah surat undangannya sambil ngejelasin. Jangan nunggu sampe diminta suratnya tapi sodorin aja bukti-buktinya langsung. Good luck.

  • Reply Dessy |

    Hi, aku mau tanya deh, akte kelahiran gak perlu kan ya? soalnya akte aku hilang haha

  • Reply riri |

    hi mba. aku mau tanya nih. pas isi form ds-160 nya pake bahasa indo apa english ya? terus, sekarang emang udah gak ada section buat nanya pendidikan ya?
    oh ya. aku rencananya mau ngatur wawancaranya bulan ini. tapi masih takut sama status aku, 23thn yang belum punya pekerjaan. kesana rencananya buat liburan aja, di ajak kakakku. proof of funds sama sponsor letternya aku minta sama kakakku ya? tapi penjelasannya di 1 surat aja ya?
    maksih bantuannya

  • Reply Rienne |

    Hai mba,
    Makasih infonya, tapi ada yg mau aku tanyain. Singkat aja, yg wawancara itu bule pake bhs ingris kah? Soalnya aku pasif bgt inggrisnya. Kalau dia tny pake bahasa inggris nanti ga mudeng gmn ya

  • Reply anah |

    hi ,aku mau tanya klu kita mau ke us buat jalan2 aja bikin visa apa dan semua biaya ditanggung tmn aku yg disana ..

    • Reply Nurvirta |

      Disclaimer, saya bukan pegawai kedutaan sehingga jawaban saya tidak memiliki kepastian hukum apapun.

      B1/B2. Jangan lupa minta surat sponsor dari temennya ya.

  • Reply Ulva |

    Surat undangan dari sponsor nanti diemail ke embassy atau dibawa saja pada saat wawancara? Pls advice

  • Reply Susi |

    Mbak sy mo tanya nih, kemarin saya bersama rombongan urus visa untuk mengikuti acara di NY, syukur visanya keluar 3 bulan, tapi pas mo berangkat sy batal karena ada pekerjaan yg tdk bisa sy tinggalkan. Dan rombongan yg ikut acaranya sdh balik Indo krn sdh selesai. Saya mo tanya apakah saya bisa ke NY sblm visanya habis utk ikut tour? Soalnya saya takut pas masuk NY saya di reject krn visanya buat ikut koferensi tapi sy gunakan utk tur, Atau apabila visanya tidak digunakan sampai visanya habis masa waktu bisa beresiko bila saya mau urus visa UsA nanti? Terimaksih

    • Reply Nurvirta |

      Disclaimer, saya bukan pegawai kedutaan sehingga jawaban saya tidak memiliki kepastian hukum apapun.

      Visanya jenis apa ya? sepertinya kalo B1/B2 nggak masalah sih.

  • Reply Edy |

    Visa sy habis Mei 2018, unt perpanjangan form DS160 nya spt urus baru atau beda ya. Trus kalau mau bawa keponakan tanpa orang tuanya yg umurnya baru 14,5 th perlu ijin dari mana ya. Terima kasih sebelumnya

    • Reply Nurvirta |

      Disclaimer, saya bukan pegawai kedutaan sehingga jawaban saya tidak memiliki kepastian hukum apapun.

      Waduh visanya jenis apa ya ini? maaf saya kurang tahu :’) kalo saya dulu H-4, visa habis harus urus baru ulang dari awal. Kalau masalah keponakannya, sepertinya yang penting ada surat ijin dari orang tua

  • Reply amanda |

    Halo mb mona, saya lagi ngurus visa dan nemu situs ini hehe, makasih mbak infonya sangat membantu. Mb mona saya mau tanya, apakah benar wawancara visa itu harus dilakukan selambat-lambatnya H-30 intended arrival date? Bisakah lebih lambat dari H-30?
    Terimakasih :)

    • Reply Nurvirta |

      Disclaimer, saya bukan pegawai kedutaan sehingga jawaban saya tidak memiliki kepastian hukum apapun.

      Nggak harus kok, saya dulu wawancara dua minggu sebelum berangkat. Cuman ya jadi cemas kalo visanya jadinya lama / ada dokumen kurang hehe. Lebih cepat lebih baik.

  • Reply BRADLEY |

    Kalo yg ngundang cuma temen kans di approve nya gede gak ya?
    apa harus bilang sodara? tapi kalo bilang sodara ntar diminta bukti dong ya

    • Reply Nurvirta |

      Disclaimer, saya bukan pegawai kedutaan sehingga jawaban saya tidak memiliki kepastian hukum apapun.

      Bilang aja teman, jelasin ketemunya dimana, pernah ketemu sebelumnya dimana, teman dari kapan. Asal meyakinkan mustinya bisa. Kalo shady kayak baru ketemu di tinder misalnya ya wasalam.

  • Reply Shelma |

    Hai Mon.. rame bener websitenya :) Btw waktu isi DS-160 buat ortu kamu, relationship ke Iib tulisnya child yah? Soalnya ga ada option kayak in law gitu. Terus kalo masukin Other pun gabisa kasi more details. Pengalaman kalian gimana? terus waktu tulis bagian relatives di US, tulisnya both nama kamu dan Iib kah? dua2nya ditulis relationshipnya child?
    Thanks in advance yah Mon!

    • Reply Nurvirta |

      Ka Shel maaf baru bales :( ga liat blog sering-sering soalnya. Iya aku tulis child. Buat relatives, aku tulis alamat kami di Madison dulu (kayaknya cuma satu orang deh). Semoga membantu ya!

So, what do you think ?